HOT NEWS
Jam Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, Senin - Jumat : 07.30 - 21.00, Sabtu : 08.00 - 16.00 di Gedung Siola lt. 1 | Untuk KTP-el yang sudah habis masa berlakunya, tidak perlu diperpanjang karena otomatis menjadi berlaku seumur hidup | Cetak Ulang KTP-el karena Perubahan Data, Rusak atau Hilang dilakukan di Kecamatan.
Home Suara Warga Layanan Catatan Sipil akte kelahiran dengan menggunakan catatan pinggir
jawaban
  • Berdasarkan Pasal 47 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan bahwa dalam pencatatan pengangkatan anak (adopsi) diatur sebagai berikut :
    1. Yang dimaksud dengan pengangkatan anak (adopsi) adalah perbuatan hukum untuk mengalihkan hak anak dari lingkungan kekuasaan keluarga orang tua, wali yang sah, atau orang lain yang bertanggung jawab atas perawatan, pendidikan dan membesarkan anak tersebut ke dalam lingkungan keluarga orang tua angkatnya berdasarkan putusan atau penetapan pengadilan.
    2. Pencatatan pengangkatan anak (adopsi) dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan di tempat tinggal pemohon.
    3. Pencatatan pengangkatan anak (adopsi) wajib dilaporkan oleh pemohon yang mengangkat anak tersebut kepada Instansi Pelaksana yang menerbitkan Kutipan Akte Kelahiran paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah diterimanya salinan penetapan pengadilan oleh pemohon untuk dibuatkan catatan pinggir pada Register dan kutipan Akta Kelahiran
    Dijawab oleh Dispendukcapil - ahun yang lalu

    Dispendukcapil
  • Seharusnya Catatan Pinggir atau apapun namanya "yang mengartikan anak itu adalah ADOPSI", pemerintah tidak harus membubuhkannya kepada Pemilik Akta Tersebut, sebaiknya hanya dalam Data Pendudukan saja!
    Jawaban yg diberikan oleh DISPENDUKCAPIL surabaya selalu bersifat Normatif, belum pernah memberikan Solusi & Inisiatif tersendiri!
    Dijawab oleh irmamelati - ahun yang lalu

    irmamelati
Pertanyaan Serupa

Tautan Media Publik

Sedang Online

Kami punya 1118 tamu dan 2 anggota online
  • NOVI YANA
  • yuwono

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.