Berita

SOSIALISASI PUNTADEWA KEPADA TOKOH MASYARAKAT

Surel Cetak PDF

sosialisasi puntadewa 26112019


DISPENDUKCAPIL SURABAYA - Selasa (26/11), DISPENDUK CAPIL mengadakan sosialisasi PUNTADEWA (Himpunan Data Demografi Kawasan). Sosialisasi diadakan di Gedung Siola lt.4, dan dipandu oleh Relita Wulandari, Kasi Pindah Datang Dispendukcapil Surabaya. Peserta sosialisasi merupakan pengurus RT, tokoh masyarakat, kader PKK, dan karang taruna di wilayah Surabaya.

Puntadewa (Himpunan Data Demografi Kawasan) merupakan aplikasi pendataan penduduk non permanen di Surabaya. Pendataan penduduk non permanen memiliki dasar hukum yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 14 Tahun 2015 tentang Pedoman Pendataan Penduduk Non Permanen, Instruksi Walikota Surabaya No. 4 Tahun 2016 Tentang Penghentian Pelayanan Surat Keterangan Tinggal Sementara, dan Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 6 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Pemohon dapat mengakses Puntadewa secara mandiri atau kolektif melalui pengurus RT.

Puntadewa dapat diakses melalui http://dispendukcapil.surabaya.go.id/puntadewa/

Sosialisasi Puntadewa kali ini merupakan sosialisasi yang kelima kalinya diadakan, setelah pada sosialisasi pertama hingga ketiga mengundang pihak Kelurahan dan Kecamatan, serta pada sosialisasi keempat mengundang pengurus RT dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

“Kita berharap pada perwakilan pengurus RT, pegawai di Kelurahan dan Kecamatan, teman-teman KIM, untuk mensosialisasikan pada lapisan paling bawah yaitu masyarakat agar segera mendaftar Puntadewa bagi penduduk non permanen,” tutur Relita.

Terakhir Diperbaharui ( Rabu, 27 November 2019 06:22 )
 

WASPADA BERITA HOAX

Surel Cetak PDF

beritahoax

DispendukCapil Surabaya - Beredar informasi mengenai himbauan mengatas namakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya tentang adanya pemuda dan pemudi menggunakan pakaian hitam putih yang meminta menunjukkan KTP dan sudah terjadi di beberapa wilayah merupakan BERITA HOAX dan HIMBAUAN TERSEBUT BUKAN HIMBAUAN RESMI DARI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURABAYA

di mohon warga tidak mempercayai dan tetap berhati-hati dalam menerima berita/himbauan yang mengatasnamakan OPD Pemerintah Surabaya
Terakhir Diperbaharui ( Jumat, 22 November 2019 06:05 )
 

Sosialisasi PUNTADEWA untuk Pengelola Apartemen

Surel Cetak PDF
puntadewa-apartemen
DispendukCapil Surabaya - Kamis (21/11) diadakan sosialisasi untuk menindaklanjuti Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 6 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, terutama pada Pasal 3. Sosialisasi diadakan di Gedung Siola lt.4, dan dibuka oleh Maria Agustin, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Surabaya dan dipandu oleh Relita Wulandari, Kasi Pindah Datang Dispendukcapil Surabaya. Acara ini mengundang 59 pengelola atau manajemen apartemen di Surabaya dan petugas Kelurahan serta Kecamatan yang di wilayahnya terdapat bangunan apartemen, rumah susun, atau sejenisnya.
 
Bahasan utama dalam sosialisasi ini merujuk pada Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 6 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, Pasal 3 yang menyatakan bahwa setiap pengelola/ manajemen apartemen, rumah susun, atau sejenisnya wajib:
a. Melakukan monitoring dokumen kependudukan penghuni apartemen, rumah susun, dan sejenisnya.
b. Melaporkan hasil monitoring dokumen kependudukan sebagaimana dimaksud pada huruf a, kepada Dinas setiap 3 (tiga) bulan sekali.
 
Untuk memudahkan proses pelaporan, Dispendukcapil telah menyediakan aplikasi Puntadewa (Himpunan Data Demografi Kawasan) yang dapat diakses oleh pengelola/ manajemen apartemen melalui: 
 
 
“Pendataan nanti setiap tiga bulan sekali, bulan Januari 2020, kami tunggu data penghuni apartemen dari panjenengan semua.” pungkas Relita.
 
Dispendukcapil mewajibkan pengelola apartemen untuk melakukan monitoring pendataan penduduk pada apartemen yang bersangkutan paling lambat setiap triwulan berjalan pada satu tahun, yakni Januari, April, Juli, dan Oktober. Penduduk yang didata adalah penduduk yang tinggal di apartemen miliknya sendiri maupun yang menyewa dan berasal dari Surabaya, luar Surabaya (non permanen), maupun warga asing.
Terakhir Diperbaharui ( Minggu, 24 November 2019 02:40 )
 

KONSOLIDASI NIK DAN KK

Surel Cetak PDF

 hallo-dukcapil

Bagi warga Surabaya, jika data NIK, nama lengkap, tempat dan tgl lahir sudah sesuai dgn KTP-el dan KK namun data masih tidak ditemukan atau tidak sesuai pada aplikasi online Seperti :

1. Tidak bisa mendaftar CPNS
2. Tidak bisa mengurus BPJS
3. Tidak bisa mengurus rek bank
4. Tidak bisa mendaftar SIM
5. Tidak bisa mendaftar kartu seluler prabayar
dll.


Maka cara untuk menyelesaikannya adalah melalui konsolidasi NIK. Konsolidasi digunakan untuk mencocokkan data pemohon ke database nasional.
Cara konsolidasi NIK adalah:

1. Datang langsung ke Dispendukcapil Surabaya, Jl. Tunjungan No 1-3 Surabaya, Gedung Siola lantai 1.

Dengan membawa Kartu Keluarga (KK) asli dan fotocopy. Serta KTP-el dan fotocopy.

2. Atau bisa juga hubungi DITJEN DUKCAPIL

Dengan pesan bahwa NIK / no KK / nama penduduk tidak dikenali sementara data sudah sesuai dengan KTP-el dan KK maka lakukan laporan melalui:

Hotline   : 1500537

WhatsAp : 0811 8005 373

SMS       : 0811 8005 371

Email     : Alamat Email ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya m

 

Format yang harus dilengkapi untuk pelaporan agar ditindaklanjuti:

#NIK

#NAMA LENGKAP

#NOMOR KARTU KELUARGA

#NOMOR TELEPON

#PERMASALAHAN

 

Contoh:

#35781234xxxxxxxx

#AISA

#35784321xxxxxxxx

#081234xxxxxx

#Sudah memiliki KTPel tetapi tidak bisa mendaftar CPNS

 

Proses konsolidasi harus menunggu selama 1x24 jam

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 19 November 2019 02:24 )
 

Melalui Aplikasi NAKULA, Pengurusan Akta Kematian bisa di RT setempat

Surel Cetak PDF

nakula
DispendukCapil Surabaya - Selasa (12/11), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya melakukan sosialisasi aplikasi NAKULA di kelurahan Pegirian. Aplikasi NAKULA (Nata Administrasi Keluarga untuk Laporan Keluarga) merupakan aplikasi untuk mengurus akta kematian dan ke depannya juga dapat digunakan untuk mengurus akta kelahiran. Sosialisasi disampaikan oleh Endang Kusuma Putri, Kasi Kelahiran dan Kematian, serta dihadiri oleh pengurus RT dan beberapa warga setempat. 
 
Aplikasi ini merupakan terobosan dari Dispendukcapil Surabaya agar kepengurusan dari akta kematian dan akta kelahiran dapat diurus dengan cepat dan efisien. Aplikasi Nakula dapat di download di Playstore dan diakses melalui handphone, serta untuk akta kematian hanya dapat diakses oleh pengurus RT setempat.
 
Di Kelurahan Pegirian juga, Nakula pertama kali diperkenalkan ke publik pada tanggal 23 Oktober 2019. Saat itu, Nakula diperkenalkan langsung oleh Agus Imam Sonhaji, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Surabaya.
 
Alur Nakula dapat diakses melalui https://bit.ly/2JyoSN0
Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 14 November 2019 01:33 )
 
Halaman 1 dari 38 halaman

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.