Berita

Umur 67 Tahun Mengurus Akta Kelahiran

Surel Cetak PDF

alt

SURABAYA – Masih banyak warga metropolis yang belum memiliki akta kelahiran. Padahal, kartu bukti lahir seseorang tersebut punya peranan penting. Kemarin (30/5) layanan keliling mobil e-KTP memberikan fasilitas cetak akta di tempat bagi warga Kecamatan Tambaksari.

Keunggulan layanan itu adalah waktu penerbitan yang singkat. Biasanya akta butuh waktu seminggu hingga terbit. Namun, dengan mobil keliling e-KTP, jika berkas dan syarat perlengkapan sesuai, sehari langsung cetak.

Sejak pukul 08.00, aula Kecamatan Tambaksari sudah dipadati warga. Mereka menunggu kedatangan mobil layanan keliling milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya ke wilayah mereka. Antusiasme masyarakat sangat besar. Bahkan, jika dibanding dengan kecamatan lain, Tambaksari paling banyak peminatnya. Tidak sampai dua jam 250 nomor antrean yang disediakan petugas ludes.

Sekretaris Kecamatan Tambaksari Maria Agustin Yuristina menyatakan, seminggu sebelumnya pihak kecamatan mengumpulkan lurah dan tokoh masyarakat dari delapan kelurahan. Tujuannya, keberadaan layanan itu bisa di ketahui warga. ’’Ternyata banyak warga yang menyambut baik layanan ini,’’ ujarnya.

Selain itu, petugas dari tiap-tiap kelurahan disiagakan. Sebelum warga mengajukan cetak akta, petugas memverifikasi berkas dan persyaratan yang diperlukan. Selain melalui cara manual, verifikasi bisa dilakukan melalui e-Lampid.

Data Kecamatan Tambaksari menunjukkan, 80 persen yang mengurus akta berusia 18 tahun ke atas. ’’Paling tua usia 67 tahun yang datang mengurus,’’ ujar Kasi Pemerintahan Kecamatan Tambaksari Agus Maryono. Hingga pukul 14.00, mobil keliling e-KTP telah menerbitkan 190 akta kelahiran. Jumlah tersebut separo di antara total masyarakat yang datang. Beberapa kendala seperti kekurangan berkas menjadi penyebabnya.

 

Sumber : JawaPos

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 31 May 2018 11:22 )
 

Jelang Ajaran Baru, Surabaya Jemput Bola Layani Akta Kelahiran

Surel Cetak PDF

alt

Surabaya – Akta Kelahiran menjadi salah satu syarat bagi anak yang memasuki usia sekolah untuk dapat mendaftar di sekolah pilihan mereka. Untuk itu, permintaan penerbitan Akta Kelahiran biasanya akan meningkat seiring dengan masuknya ajaran baru tahun 2018.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kota Surabaya Moh. Suharto Wardoyo melalui keterangan tertulis, Kamis (24/05/2018).

Mengantisipasi tingginya minat orang tua mengurus Akta Kelahiran untuk anak-anak mereka, Dinas Dukcapil Kota Surabaya melakukan jemput bola (Jebol) penerbitan Akta Kelahiran menggunakan mobil keliling. 

Terakhir Diperbaharui ( Rabu, 30 May 2018 11:21 ) Selengkapnya...
 

Mobil Keliling Dispenduk Capil, Percepat Warga Surabaya Punya KTP-el

Surel Cetak PDF

alt

Surabaya – Inovasi layanan kembali dihadirkan Pemerintah Kota Surabaya. Melalui mobil keliling, Dinas Dukcapil melakukan layanan jemput bola pencetakan KTP-el menyisir seluruh kecamatan se-Surabaya. 

 “Layanan keliling KTP-el menggunakan mobil keliling yang disediakan Pemerintah Kota Surabaya. Setiap mobil melayani ke kecamatan-kecamatan se-Surabaya secara bergilir. Satu hari satu kecamatan”, jelas Kepala Dinas Dukcapil Kota Surabaya Moh. Suharto Wardoyo melalui keterangan tertulis, Selasa (08/05/2018). 

Dimulai dari Kecamatan Bubutan pada tanggal 2 April lalu dan akan berakhir di Kecamatan Lakarsantri pada 16 Mei mendatang. 

“Dari 31 kecamatan, kami sudah melayani di 21 kecamatan pada April lalu. Sisanya di bulan Mei ini 10 kecamatan. Nah, masih ada 6 kecamatan yang akan kami layani di bulan ini”, lanjut Anang, sapaan akrab Suharto. 

 Namun, Anang menjelaskan bahwa tidak semua penduduk bisa dilayani. “Kami hanya melayani warga yang datanya sudah print ready record (PRR) dalam database nasional”, katanya. 

Hal ini menurutnya dikarenakan masih ada penduduk yang data KTP-elnya bermasalah. Misalnya belum diverifikasi ketunggalannya, dan data status ganda karena merekam lebih dari satu kali. Selain itu, ada data anomali yang secara sistem ditemukan ketidakwajaran. 

Penambahan layanan mobil keliling bertujuan memaksimalkan jumlah KTP-el yang dicetak setiap harinya. Pelayanan tersebut juga bisa mempermudah masyarakat yang saat ini belum mendapatkan KTP-el. 

“Pelayanan dibuka pukul 09.00 sampai 14.00 WIB. Silakan datangi kecamatan sesuai jadwal yang ada”, tutup Anang.

Layanan mobil keliling selama bulan April:

Terakhir Diperbaharui ( Rabu, 09 May 2018 14:13 ) Selengkapnya...
 

Kunjungan dari DispendukCapil Kota Bima

Surel Cetak PDF

tamu bima2

Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan sangat dibutuhkan. Melalui inovasi, kebutuhan warga akan Dokumen kependudukan dapat dengan mudah terpenuhi. Inovasi tersebut mendorong Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bima berkunjung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Melalui Inovasi 6 in 1 dalam website http://lampid.surabaya.go.id/ diharapkan dapat menjadi percontohan dalam pelayanan kepada masyarakat.

(ShiroJutsu)

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 22 Maret 2018 12:16 )
 

Dispendukcapil Hadirkan Akta Nikah Online

Surel Cetak PDF

perkawinan

Berbagai layanan publik terus ditingkatkan bagi warga Kota Surabaya. Saat ini pencatatan pernikahan dan perceraian pun bisa dilakukan dengan sistem online.

Pemandangan berbeda terlihat kemarin (29/4) di ruang kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya. Di meja sudah tersedia dua lembar akta nikah yang siap ditandatangani. Selangkah lagi pernikahan mempelai tersebut sah secara hukum di mata negara.

Itu merupakan pencatatan pertama pernikahan dengan bukti yang langsung diserahkan. "Sebelumnya, setelah pencatatan perkawinan, masih harus diproses tujuh hari kerja untuk penerbitan akta perkawinan. Ini merupakan yang pertama di Indonesia," ujar Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Suharto Wardoyo.

Anang -sapaan Suharto Wardoyo- menerangkan, ada prosedur untuk bisa mendapatkan akta nikah secara langsung setelah pencatatan pernikahan. Sebelumnya, calon pengantin harus melakukan registrasi online di lampid.surabaya.go.id. "Setelah pemberkatan nanti (nonmuslim, Red), verifikasi berkas ke petugas dan mengisi secara online. Setelah itu penjadwalan pencatatan perkawinan di dispendukcapil," terangnya.

Meski demikian, layanan pencatatan dan akta pernikahan dalam bentuk "paket hemat" tersebut masih diperuntukkan pemeluk agama selain Islam. "Untuk yang beragama Islam, pencatatan tetap dilakukan di KUA," jelasnya. (gal/c11/nda/jpnn)

Sumber :

http://www.jpnn.com/news/kini-dispendukcapil-hadirkan-akta-nikah-online?page=2
 
Halaman 1 dari 42 halaman

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.