HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----
Home Layanan Kependudukan KUTIPAN II DAN SETERUSNYA AKTA KELAHIRAN

KUTIPAN II DAN SETERUSNYA AKTA KELAHIRAN

Surel Cetak PDF

 

NO.

KOMPONEN

URAIAN

 1

Dasar Hukum

  1. Undang - Undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;
  2. Undang - Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  3. Undang - Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang - Undang no. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang - Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  5. Peraturan Presiden No. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  6. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 Tahun 2010 tentang Formulir dan Buku Yang Digunakan Dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  7. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan ;
  8. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 14 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
  9. Peraturan Menteri dalam Negeri No. 118 Tahun 2017 tentang Blangko KK, Register dan Kutipan Akta Pencatatan Sipil


 2

Persyaratan

  1. Mengisi formulir permohonan Kutipan II dan seterusnya Akta hilang/rusak
  2. FotocopyKutipan Akta yang hilang
  3. Asli Kutipan Akta yang rusak
  4. Surat Kehilangan POLRI bagi Kutipan Akta yang hilang
  5. Fotocopy KTP dan KK pelapor
  6. Fc Akta Nikah/kawin bagi Kutipan anak yang belum dewasa.


 3

Sistem,Mekanisme, Dan Prosedur

  1. Pemohon mengajukan permohonan pencatatan kutipan II kepada petugas loket
  2. Petugas Loket menverifikasi berkas permohonan. jika dinyatakan lengkap dan benar maka memberikan tanda bukti pengambilan, sedangkan jika masih terdapat kekurangan atau belum benar maka dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi/diperbaiki.
  3. Staf admin memasukkan dalam agenda kutipan II
  4. Staf memasukkan/input data ke SIAK dan cetak catatan pinggir pada register dan kutipan II dst Akta
  5. Kepala Seksi melakukan verifikasi antara kutipan, register dan permohonan
  6. Kepala Bidang meneliti kutipan, register dan permohonan
  7. Kepala Dinas menandatangani catatan pinggir pada register dan Kutipan Akta
  8. Staf menyortir berkas, kutipan dan register Akta yang telah diberi catatan pinggir
  9. Staf Arsip menyimpanan register akta sebagai arsip dan berkas permohonan sesuai ketentuan
  10. Pemohon menyerahkan tanda bukti pengambilan kepada petugas loket untuk mengambil kutipan Akta yang telah isahkan.
 4 

Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

 5

Biaya/Tarif

Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran tidak dikenakan biaya (gratis).

 

 

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.