HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----
Home Layanan Kependudukan PENCATATAN PENGANGKATAN ANAK WNI

PENCATATAN PENGANGKATAN ANAK WNI

Surel Cetak PDF

 

NO.

KOMPONEN

URAIAN

 1

Dasar Hukum

  1. Undang - Undang No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan;
  2. Undang - Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  3. Undang - Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang - Undang no. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang - Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  5. Peraturan Presiden No. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  6. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 Tahun 2010 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil
  7. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan ;
  8. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 14 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
 2

Persyaratan

  1. Foto copy salinan Putusan PN/ PA yang dilegalisir tentang pengangkatan anak
  2. Foto copy kutipan akta kelahiran anak yang akan diangkat yang dilegalisir
  3. Foto copy KK dan KTP orang tua angkat
  4. Foto copy KK dan KTP ibu yang menyetujui
  5. Foto copy SKTT bagi OA pemegang KITAS
 3

Sistem,Mekanisme, Dan Prosedur

  1. Pemohon mengajukan permohonan pengangkatan anak WNI pada loket pelayanan
  2. Petugas Loket Memeriksa kelengkapan dan memverifikasi berkas permohonan pengangkatan anak WNI. Jika lengkap maka menyerahkan berkas permohonan pengangkatan anak WNI kepada Kasi. Jika tidak lengkap mengembalikan berkas ke pemohon untuk dilengkapi
  3. Kepala Seksi Meneliti berkas permohonan. Jika lengkap maka memverifikasi dan menyerahkan ke pelaksana staf. Jika tidak lengkap mengembalikan berkas ke pemohon untuk dilengkapi
  4. Staf mengagendakan
  5. Operator melakukan entry data dan mencetak catatan pinggir
  6. Staf menverifikasi hasil dan menyerahkan kepada Kasi
  7. Kasi memverifikasi dan membubuhkan paraf pada register dan catatan pinggir
  8. Kabid membubuhkan paraf pada register dan catatan pinggir
  9. Catatan pinggir penegangkatan anak WNI diajukan kepada Kepala Dinas untuk ditandatangani/disetujui.
  10. Staf memilah antara berkas, register dan kutipan Akta
  11. Petugas Loket memberikan Kutipan Akta yang telah diberi catatan pinggi kepada pemohon dengan menyerahkan bukti penerimaan berkas sebagai pengambilan.
 4

Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

 5

Biaya/Tarif

Penerbitan catatan pinggir perubahan nama pada akta perkawinan/perceraian atau perubahan kewarganegaraan tidak dikenakan biaya (gratis).

 

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 28 Agustus 2018 07:42 )  

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.