HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----
Home Layanan Kependudukan PENCATATAN PERUBAHAN NAMA PADA AKTA PERKAWINAN / PERCERAIAN & PERUBAHAN KEWARGANEGARAAN

PENCATATAN PERUBAHAN NAMA PADA AKTA PERKAWINAN / PERCERAIAN & PERUBAHAN KEWARGANEGARAAN

Surel Cetak PDF

 

NO.

KOMPONEN

URAIAN

 1

Dasar Hukum

  1. Undang - Undang No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan;
  2. Undang - Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  3. Undang - Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang - Undang no. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  4. Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang - Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan;
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang - Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  6. Peraturan Presiden No. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  7. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 12 Tahun 2010 tentang Pedoman Pencatatan Perkawinan dan Pelaporan Akta yang Diterbitkan oleh Negara Lain;
  8. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan ;
  9. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 14 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
 2

Persyaratan

Persyaratan Perubahan Nama :

  1. Foto copy Salinan Penetapan Pengadilan Negeri tentang Perubahan Nama / Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM dilegalisir
  2. Foto copy Kutipan Akta Kelahiran yang telah diberikan Catatan Pinggir dan dilegalisir instansi
  3. Asli dan Foto copy Kutipan Akta Perkawinan yang dilegalisir oleh instansi
  4. Foto copy KK dan KTP pemohon

Persyaratan Perubahan Kewarganegaraan WNA (OA) menjadi WNI:

  1. Salinan keputusan Presiden mengenai perubahan status kewarganegaraan menjadi WNI atau
  2. Salinan keputusan Menteri yang bidang tugasnya meliputi kewarganegaraan (bagi perkawinan campuran)
  3. Kutipan akta perkawinan bagi yang sudah kawin
  4. Foto copy passport
  5. Berita acara sumpah/ penegasahan dari Menkumham
  6. Kutipan akta catatan sipil
  • Dilaporkan lebih dari 60 berita acara sumpah/ penegasahan dari Menkumham Rp. 500.000,- bagi pemegang KITAP
  • Denda tidak diberlakukan bagi perkawinan campuran

Persyaratan Perubahan Kewarganegaraan WNI menjadi WNA (OA)

        1. Surat keterangan pelepasan kewarganegaraan Indonesia dari perwakilan RI
        2. Surat Kementrian Dalam Negeri hal pelepasan kewarganegaraan RI
        3. Surat dari Disnakertransduk Provinsi
        4. Kutipan akta perkawinan bagi yang sudah kawin
        5. Kutipan akta catatan sipil
        6. Foto copy KK, KTP
        7. Foto copy passport

Persyaratan Perubahan Peristiwa Penting Lainnya :

  1. Foto copy Salinan Penetapan Pengadilan Negeri tentang perubahan peristiwa penting lainnya
  2. Asli dan Foto copy Kutipan Akta Perkawinan
  3. Foto copy KK dan KTP pemohon

Persayaratan pelaporan bagi orang pemukim keturungan asing telah memperoleh kewarganegaraan Indonesia

  1. Salinan Keputusan Menteri yang bidang tugasnya meliputi kewarganegaraan
  2. Kutipan akta perkawinan bagi yang sudah kawin
  3. Kutipan akta catatan sipil
 3

Sistem,Mekanisme, Dan Prosedur

  1. Pemohon mengajukan permohonanpencatatan Perubahan Nama pada Akta Perkawinan / Perceraian & Perubahan Kewarganegaraanpada loket pelayanan
  2. Petugas Loket Memeriksa kelengkapan dan memverifikasi berkas permohonan Perubahan Nama pada Akta Perkawinan / Perceraian & Perubahan Kewarganegaraan. Jika lengkap maka menyerahkan berkas permohonan Perubahan Nama pada Akta Perkawinan / Perceraian & Perubahan Kewarganegaraan kepada Kasi. Jika tidak lengkap mengembalikan berkas ke pemohon untuk dilengkapi
  3. Kepala Seksi Meneliti berkas permohonan. Jika lengkap maka memverifikasi dan menyerahkan ke pelaksana staf. Jika tidak lengkap mengembalikan berkas ke pemohon untuk dilengkapi
  4. Staf mengagendakan
  5. Operator melakukan entry data dan mencetak catatan pinggir
  6. Staf menverifikasi hasil dan menyerahkan kepada Kasi
  7. Kasi memverifikasi dan membubuhkan paraf pada catatan pinggir
  8. Kabid membubuhkan paraf pada catatan pinggir
  9. Catatan pinggir perubahan nama pada akta perkawinan/perceraian atau perubahan kewarganegaraan diajukan kepada Kepala Dinas untuk ditandatangani/disetujui.
  10. Staf memilah antara berkas, register dan kutipan Akta
  11. Petugas Loket memberikan Kutipan Akta yang telah diberi catatan pinggi kepada pemohon dengan menyerahkan bukti penerimaan berkas sebagai pengambilan.
 4

Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

 5

Biaya/Tarif

Penerbitan catatan pinggir perubahan nama pada akta perkawinan/perceraian atau perubahan kewarganegaraan tidak dikenakan biaya (gratis).

 

 

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.