HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----
Home Layanan Kependudukan PENCATATAN PEMBATALAN PERKAWINAN/PERCERAIAN

PENCATATAN PEMBATALAN PERKAWINAN/PERCERAIAN

Surel Cetak PDF

 

NO.

KOMPONEN

URAIAN

 1

Dasar Hukum

  1. Undang - Undang No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan;
  2. Undang - Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  3. Undang - Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang - Undang no. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  4. Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang - Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan;
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang - Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  6. Peraturan Presiden No. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  7. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 12 Tahun 2010 tentang Pedoman Pencatatan Perkawinan dan Pelaporan Akta yang Diterbitkan oleh Negara Lain;
  8. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan ;
  9. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 14 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
 2

Persyaratan

  1. Salinan Putusan Pengadilan tentang pembatalan perkawinan/ perceraian yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap
  2. Foto copy KK & KTP suami dan isteri
  3. Kutipan Akta Perkawinan/ Perceraian suami dan isteri (foto copy legalisir akta perkawinan/ perceraian dari instansi penerbit di luar kota Surabaya)
 3

Sistem,Mekanisme, Dan Prosedur

  1. Pemohon mengajukan permohonanpembatalan perkawinan/perceraian pada loket pelayanan
  2. Petugas Loket Memeriksa kelengkapan dan memverifikasi berkas permohonan pembatalan perkawinan/perceraian. Jika lengkap maka menyerahkan berkas permohonan pembatalan perkawinan/perceraian kepada Kasi. Jika tidak lengkap mengembalikan berkas ke pemohon untuk dilengkapi
  3. Kepala Seksi Meneliti berkas permohonan. Jika lengkap maka memverifikasi dan menyerahkan ke pelaksana staf. Jika tidak lengkap mengembalikan berkas ke pemohon untuk dilengkapi
  4. Staf mencari buku register perkawinan/perceraian
  5. Operator melakukan entry data dan mencetak
  6. Staf menverifikasi hasil cetak dan menyerahkan kepada Kasi
  7. Kasi memverifikasi dan membubuhkan paraf pada surat keterangan
  8. Kabid membubuhkan paraf pada surat keterangan
  9. Kepala Dinas membubuhkan tanda tangan pada surat keterangan
  10. Staf memilah antara berkas, buku register, surat keterangan memberi stempel
  11. Pemohon menerima surat keterangan dengan menyerahkan bukti pengambilan.
 4

Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

 5

Biaya/Tarif

Penerbitan Surat Keterangan Pembatalan Perkawinan/Perceraian tidak dikenakan biaya (gratis).

 

 

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.