HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----
Home Layanan Kependudukan AKTA PENGAKUAN ANAK

AKTA PENGAKUAN ANAK

Surel Cetak PDF

 

 

NO.

KOMPONEN

URAIAN

 1

Dasar Hukum

  1. Undang - Undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;
  2. Undang - Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  3. Undang - Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang - Undang no. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang - Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  5. Peraturan Presiden No. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  6. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 Tahun 2010 tentang Formulir dan Buku Yang Digunakan Dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  7. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan ;
  8. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 14 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
 2

Persyaratan

  1. Surat Pernyataan pengakuan anak oleh ayah biologis disetujui ibu anak
  2. Foto copy dan asli Kutipan Akta Kelahiran  anak yang akan diakui
  3. Foto copy Surat Nikah Agama yg dilegalisir
  4. Foto copy KK dan KTP ayah yg mengakui
  5. Foto copy KK dan KTP ibu yg menyetujui
  6. Foto copy SKTT bagi OA pemegang  KITAS
 3

Sistem,Mekanisme, Dan Prosedur

  1. Pemohon mengajukan permohonanpencatatan pengakuan anakpada loket pelayanan
  2. Petugas Loket Memeriksa kelengkapan dan memverifikasi berkas permohonan pengakuan anak. Jika lengkap maka menyerahkan berkas permohonan pengakuan anak kepada Kasi. Jika tidak lengkap mengembalikan berkas ke pemohon untuk dilengkapi
  3. Kepala Seksi Meneliti berkas permohonan. Jika lengkap maka memverifikasi dan menyerahkan ke pelaksana staf. Jika tidak lengkap mengembalikan berkas ke pemohon untuk dilengkapi
  4. Operator melakukan entry data dan mencetak kutipan Akta pengakuan anak dan register
  5. Staf menverifikasi hasil cetak kutipan Akta dan menyerahkan kepada Kasi
  6. Kasi memverifikasi dan membubuhkan paraf pada register dan catatan pinggir
  7. Kabid membubuhkan paraf pada register dan catatan pinggir
  8. Kepala Dinas membubuhkan tanda tangan pada register dan kutipan akta
  9. Staf memilah antara berkas, register dan kutipan Akta dan memberi stempel pada kutipan akta
  10. Pemohon menerima Kutipan Akta dengan menyerahkan bukti penerimaan berkas sebagai pengambilan.
 4

Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

 5

Biaya/Tarif

Penerbitan Kutipan Akta Pengakuan Anak tidak dikenakan biaya (gratis).

 

 

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.