HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----
Home Layanan Kependudukan AKTA PERCERAIAN

AKTA PERCERAIAN

Surel Cetak PDF

 

NO.

KOMPONEN

URAIAN

 1

Dasar Hukum

  1. Undang - Undang No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan;
  2. Undang - Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  3. Undang - Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang - Undang no. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  4. Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang - Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan;
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang - Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  6. Peraturan Presiden No. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  7. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 12 Tahun 2010 tentang Pedoman Pencatatan Perkawinan dan Pelaporan Akta yang Diterbitkan oleh Negara Lain;
  8. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan ;
  9. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 14 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
  10. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran.
 2

Persyaratan

  1. Surat Pengantar dari Pengadilan Negeri                                                         
  2. Salinan Putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap                                                         
  3. Kutipan Akta Perkawinan Asli dan fotocpy legalisr kutipan akte perkawinan dari luar Kota Surabaya
  4. Foto copy KK & KTP dilegalisir
  5. Pas Foto 3 x 4 = 3 lembar
 3

Sistem,Mekanisme, Dan Prosedur

  1. Pemohon mengajukan permohonanpencatatan perceraianpada loket pelayanan
  2. Petugas Loket Memeriksa kelengkapan dan memverifikasi berkas permohonan perceraian. Jika lengkap maka menyerahkan berkas permohonan perceraian kepada Kasi. Jika tidak lengkap mengembalikan berkas ke pemohon untuk dilengkapi
  3. Kepala Seksi Meneliti berkas permohonan. Jika lengkap maka memverifikasi dan menyerahkan ke pelaksana staf. Jika tidak lengkap mengembalikan berkas ke pemohon untuk dilengkapi
  4. Operator melakukan entry data dan mencetak kutipan Akta Perceraian
  5. Staf menverifikasi hasil cetak kutipan Akta, membubuhkan pas foto dan menyerahkan kepada Kasi
  6. Kasi memverifikasi dan membubuhkan paraf pada register
  7. Kabid membubuhkan paraf pada register dan catatan pinggir
  8. Kepala Dinas membubuhkan tanda tangan pada register dan kutipan akta
  9. Staf memilah antara berkas, register dan kutipan Akta dan memberi stempel pada kutipan akta
  10. Pemohon menerima Kutipan Akta dengan menyerahkan bukti penerimaan berkas sebagai pengambilan.
 4

Jangka Waktu Pelayanan

7 (tujuh) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

 5

Biaya/Tarif

Penerbitan Kutipan Akta Perceraian tidak dikenakan biaya (gratis).

 

 

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.