HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----
Home Layanan Kependudukan BATAL PINDAH

BATAL PINDAH

Surel Cetak PDF

 

 

NO.

KOMPONEN

URAIAN

 1

Dasar Hukum

  1. Undang - undang Nomor 23 tahun 2006 Tentang Administrasi kependudukan;
  2. Undang-undang No. 24 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang - Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  4. Peraturan Presiden No. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  5. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 Tahun 2010 tentang Formulir dan Buku Yang Digunakan Dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  6. Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan ;
  7. Peraturan Walikota Nomor 75 tahun 2011 Tentang Tatacara Pengenaan Sanksi Administratif Pelanggaran Peraturan Daerah Kota Surabaya Kota Surabaya nomor 5 tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;
  8. Peraturan Walikota Nomor 39 Tahun 2013 tentang perubahan keempat peraturan Walikota Nomor 75 tahun 2011 tentang tatacara pengenaan Administratif Pelanggaran daerah Kota Surabaya Nomor 5 tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;
  9. Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 14 Tahun 2014 tentang perubahan atas peraturan daerah Kota Surabaya Nomor 5 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
 2

Persyaratan

  • Syarat Batal pindah antar kelurahan/kecamatan :
  1. Surat Pernyataan Batal Pindah yang diketahui RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan Kota Surabaya;
  2. Surat Pernyataan Jaminan Tempat Tinggal Tidak Keberatan yang diketahui RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan Kota Surabaya.

  • Syarat Batal Pindah Datang Antar kab./Kota/Prov. (kembali ke kota asal) :
  1. Surat Pernyataan Batal Pindah yang diketahui RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan Kota Surabaya;

  • Syarat Batal Pindah Datang Antar kab./Kota/Prov. (kembali ke kota Surabaya) :
        1. Surat Keterangan Pindah antar Kab./Kota/Prov yang Asli;
        2. Surat dari Kadispenduk Tujuan Bahwa Belum di Proses;
        3. Surat Pernyataan Batal Pindah yang diketahui RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan Kota Surabaya;
        4. Surat Pernyataan Jaminan Tempat Tinggal Tidak Keberatan yang diketahui RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan Kota Surabaya;
        5. Fotocopy KK Penjamin.
 3

Sistem,Mekanisme, Dan Prosedur

  1. Pemohon mengajukan berkas permohonan ;
  2. Petugas Loket memeriksa kelengkapan dan memverifikasi berkas permohonan Batal Pindah;
  3. Petugas Operator mengentry Surat Keterangan Pembatalan Pindah
  4. Kepala Seksi memverifikasi berkas permohonan dan Membubuhkan paraf pada Surat Keterangan Pembatalan Pindah;
  5. Kepala Bidang memverifikasi berkas permohonan dan Membubuhkan paraf pada Surat Keterangan Pembatalan Pindah;
  6. Kepala Dinas memverifikasi berkas permohonan dan Membubuhkan tanda tangan pada Surat Keterangan Pembatalan Pindah;
  7. Petugas Operator mengaktifkan data kependudukan dari Surat keterangan Pembatalan Pindah yang telah di tandatangani oleh Sekretaris an. Kepala Dinas;
  8. Pemohon mengambil Surat Keterangan Pembatalan Pindah.
 4

Jangka Waktu Pelayanan

1 (satu) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

 5

Biaya/Tarif

    1. Penerbitan Surat Keterangan Batal Pindah tidak dikenakan biaya (gratis).

 

 

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.