HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----
Home Layanan Catatan Sipil Pendaftaran Perkawinan WNI Online

Pendaftaran Perkawinan WNI Online

Surel Cetak PDF

Klik di sini untuk Pendaftaran Perkawinan WNI Online

ALUR

PERSYARATAN / BLANKO

WAKTU

Pemohon

Membawa persyaratan:

  1. 1.Fotocopy KTP Suami dan Istri;
  2. 2.Fotocopy Surat Baptis;
  3. 3.Pas foto suami dan istri berdampingan hitam putih ukuran 4x6 cm sebanyak 6 (enam) lembar;
  4. 4.Fotocopy Kutipan Akta Kelahiran suami dan isteri;
  5. 5.Surat Pernyataan Belum Nikah bermaterai Rp. 6.000,-
  6. 6.Akte Perceraian/Kematian dengan Suami/Istri terdahulu;
  7. 7.Surat Izin Kawin dari komandan bagi anggota ABRI;
  8. 8.Surat Izin Kawin dan Surat Kesanggupan Hadir dari Orang Tua (bagi yang belum berusia 21 tahun);
  9. 9.Surat Perjanjian Kawin (bila ada);
  10. 10.Surat Ganti Nama (bila ada);
  11. 11.Surat Keterangan dari Gereja/Vihara/Pura/Penghayat Kepercayaan;
  12. 12.Surat Keterangan dari Lurah (N 1 – N 4);
  13. 13.Surat Keterangan dari kedutaan (bagi Orang Asing);
  14. 14.Fotocopy ID Card, Passport dan Visa (bagi Orang Asing);
  15. 15.Fotocopy Data Keluarga (bagi Orang Asing);

Pencatatan :

  • Pemohon membawa surat yang asli atau fotocopy dilegalisir oleh instansi yang mengeluarkan.
  • Semua dokumen diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah (bagi Orang Asing).
 

RT & RW

  1. 16.RT & RW membuatkan Surat Pengantar ke Kelurahan;
 

Kelurahan

  1. 17.PemohonSurat Keterangan belum kawin di Kelurahan (N 1-N 4);
 

Kecamatan

  1. 18.Dispensasi nikah kurang dari 10 hari (bila diperlukan);
 

Dispendukcapil

  1. 19.Pasangan suami dan isteri mengisi form F-2.12 (Formulir Pencatatan Perkawinan) pada Instansi Pelaksana dengan melampirkan persyaratan;
  2. 20.Petugas menerima dan memverifikasi F2.12 (Formulir Pencatatan Perkawinan) beserta lampiran persyaratan;
  3. 21.Petugas menyelenggarakan pengumuman tentang pemberitahuan kehendak melangsungkan perkawinan;
  4. 22.Petugas Pencatatan Sipil Instansi Pelaksana mencatat pada Register Akta Perkawinan;
  5. 23.Operator melakukan entrydan menerbitkan Kutipan Akta Perkawinan;
  6. 24.Kepala Seksi melakukan verifikasi dan membubuhkan paraf;
  7. 25.Kepala Bidang melakukan verifikasi dan membubuhkan paraf;
  8. 26.Kepala Dinas membubuhkan tanda tangan pada Register dan Kutipan Akta Perkawinan
  9. 27.Kutipan Akta Perkawinan diberikan kepada masing- masing suami dan isteri;
  10. 28.Suami atau istri berkewajiban melaporkan hasil Pencatatan perkawinan kepada Instansi Pelaksana tempat domisilinya untuk perubahan status.

Paling Lambat

7 Hari Kerja

 

Jangka Waktu Keterlambatan Pelaporan

:

60

Hari Kerja

Denda Administratif (Apabila Terlambat Melapor)

:

Rp.

500.000,-

 

 

 

 




Terakhir Diperbaharui ( Senin, 10 Juli 2017 08:46 )  

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.