HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----

Urus Dokumen dari ujung Jari

Surel Cetak PDF
alt
"Melayani urusan dokumen administrasi kependudukan bagi sekitar 3 juta warga Kota Surabaya, Jawa Timur, bukan perkara mudah.Pemerintah setempat membuat layanan berbasis daring,e-Lampi,untuk memudahkan pengurusan dokumen warga kota itu dari lahir hingga mati. Iqbal Basyari"
 

Wajah Bambang(58)tampak ceria setelah keluar dari salah satu ruangan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya,JawaTimur,Rabu(25/7/2018).Pria asal Wiyung tersebut baru saja menerima akta pernikahan yang diurus secara daring setelah seminggu sebelumnya.”dulu untuk mengurus dokumen kependudukan seperti ini perlu waktu lebih dari satu bulan,sekarang lebih cepat dan mudah,” katanya.
 
 
Bambang adalah salah satu warga yang mengurus dokumen kependudukan mealui e-Lampid, aplikasi pendaftaran kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya.Kesibukan membuat dia sulit meluangkan waktu untuk mengurus akta pernikahan di unit pelayanan terpadu satu atap (UPTSA) di Gedung Siola, Jalan Tunjungan . Padahal, Dokumen kependudukan tersebut harus diurus untuk mencatatkan pernikahannya.
 
 
Melalui laman e-Lampid,warga yang ingin mengurus dokumen administrasi kependudukan tidak perlu dating ke loket pelayanan yang berada di Kecamatan,Kelurahan ataupun UPTSA.Mereka hanya perlu gawai atau computer untuk melakukan pengurusan dokumen melalui laman Lampid.Surabaya.go.id .Jika tidak punya,warga bias mendatangi kelurahan untuk menggunakan computer e-Lampid yang sudah tersedia di semua Kelurahan.
 
 
Aplikasi berbasis daring ini melayani enam jenis pelayanan dokumen kependudukan, yaitu pembuatan akta kelahiran, akta kematian, surat pindah datang, surat pindah keluar, akta perkawinan, dan akta perceraian. Ke enam layanan tersebut bias diakses kapan pun dan diaman pun secara daring.
 
 
Di laman e-Lampid,warga harus memfoto ataupun memindai dokumen yang diperlukan. Dokumen itu lalu diunggah dilaman e-Lampid sesuai ketentuan dan alur yang tertera dengan dokumen yang diurus.Warga juga bias memantau perkembangan pengurusan secara daring sebagai bagian dari transparansi pelayanan pemerintah.
 
 
Verifikasi Dokumen
Meskipun dilakukan secara daring,proses verifikasi dokumen tetap diperlukan untuk memastikan keaslian dokumen yang diunggah. Petugas dari kelurahan akan memverifikasi dokumen yang diisyaratkan. Setelah itu, petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan memproses jika semua syarat dinyatakan lengkap. Dokumen yang selesai bisa diambil di kelurahan setempat. Khusus akta kelahiran akan diantar ke rumah melalui program Go-Akta.
 
Terakhir Diperbaharui ( Senin, 24 September 2018 15:17 ) Selengkapnya...
 
Halaman 5 dari 45 halaman

Terjemahkan

Sedang Online

Kami punya 1098 tamu dan 2 anggota online
  • Douglasademi
  • Marsellia Santoso

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.




Joomla extensions by Siteground Hosting