Home

Layanan Catatan Sipil

Layanan Catatan Sipil adalah Layanan yang berkaitan dengan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian dan masalah catatan sipil lainnya



Pembatalan Akta Perceraian

Surel Cetak PDF

ALUR

PERSYARATAN / BLANKO

WAKTU

Pemohon

Membawa persyaratan :

  1. Salinan Putusan Pengadilan mengenai pembatalan perceraian yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan Kutipan Akta Perceraian;
  2. Fotocopy KK;
  3. Fotocopy KTP;
  4. Fotocopy Akta Kelahiran;
 

Dispendukcapil

  1. Pasangan suami dan isteri yang perceraiannya dibatalkan,form F-2.26 (Formulir Pencatatan Pembatalan Perceraian)  pada Instansi Pelaksana atau UPTD Instansi Pelaksana dengan melampirkan persyaratan;
  2. Petugas Pencatatan Sipil pada Instansi Pelaksana atau UPTD Instansi PelaksanaKutipan Akta Perceraian, dan menerbitkan Surat Keterangan Pembatalan Perceraian;
  3. Instansi Pelaksana atau UPTD Instansimencatat dan merekam dalam database kependudukan.

Paling Lambat

7 Hari Kerja

Retribusi

:

Rp.

0,-

Jangka Waktu Keterlambatan Pelaporan

:

90

Hari Kerja

Denda Administrasi (Apabila Terlambat Melapor)

:

Rp.

1.000.000,-

 

Pembatalan Akta Perkawinan

Surel Cetak PDF

ALUR

PERSYARATAN / BLANKO

WAKTU

Pemohon

Membawa persyaratan :

  1. Salinan Putusan Pengadilan mengenai pembatalan perkawinan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan Kutipan Akta Perkawinan;
  2. Fotocopy KK;
  3. Fotocopy KTP;
 

Dispendukcapil

  1. Pasangan suami dan isteri yang perkawinannya dibatalkan, mengisi form F-2.17 (Formulir Pencatatan Pembatalan Perkawinan) pada Instansi Pelaksana dengan melampirkan persyaratan;
  2. Petugas Pencatatan Sipil pada Instansi Pelaksana mencabut Kutipan Aktadan  menerbitkan Surat Keterangan Pembatalan Perkawinan;
  3. Instansi Pelaksana mencatat dan merekam dalam database kependudukan;

Paling Lambat

7 Hari Kerja

Retribusi

:

Rp.

0,-

Jangka Waktu Keterlambatan Pelaporan

:

90

Hari Kerja

Denda Administrasi (Apabila Terlambat Melapor)

:

Rp.

1.000.000,-

Terakhir Diperbaharui ( Jumat, 24 May 2013 08:14 )
 

Pembatalan Akta Kelahiran Dan Akta Kematian

Surel Cetak PDF

ALUR

PERSYARATAN / BLANKO

WAKTU

Pemohon

Membawa persyaratan :

  1. Kutipan Akta Kelahiran;
  2. Penetapan Pengadilan Pembatalan Akta Kelahiran (untuk pengurusan pembatalan Akta Kelahiran);
  3. Penetapan Pengadilan Pembatalan Akta Kematian (untuk pengurusan pembatalan Akta Kematian);
  4. Fotocopy KK dan KTP WNI / Orang Asing pemegang izin tinggal tetap;
  5. Fotocopy SKTT bagi Orang Asing pemegang izin tinggal terbatas;
  6. Fotocopy Passport bagi Orang Asing pemegang izin kunjungan / singgah;
 

Dispendukcapil

  1. Pemohon mengisi form F-2.50 (Formulir Pelaporan Pembatalan Akta Catatan Sipil);
  2. Petugas membuat catatan pinggir pada Register Akta Kelahiran;
  3. Petugas menarik dan mencabut Kutipan Akta Kelahiran dari pemiliknya;
  4. Petugas menerbitkan Surat Keterangan Pembatalan Akta.
  5. Petugas menyimpan Register Akta sebagai arsip.

Paling Lambat

7 Hari Kerja

Retribusi

:

Rp.

0,-

Jangka Waktu Keterlambatan Pelaporan

:

30

Hari Kerja Sejak Diterbitkan Penetapan Pengadilan

Denda Administrasi (Apabila Terlambat Melapor)

:

Rp.

0,-

 

Perubahan Akta-Akta Catatan Sipil Bagi WNI

Surel Cetak PDF

ALUR

PERSYARATAN / BLANKO

WAKTU

 

Pemohon

Membawa persyaratan :

  • Untuk perubahan nama pada Akta Catatan Sipil :
    1. Asli dan fotocopy dokumen Kutipan Akta Catatan Sipil (Kelahiran / Pengakuan Anak / Kematian / Perkawinan / Perceraian);
    2. Fotocopy Salinan Penetapan Pengadilan yang dilegalisir;
    3. Fotocopy KTP dan KK Pemohon;
    4. Surat Keputusan Menkumham / Salinan Penetapan Pengadilan tentang ganti nama;
  • Untuk perubahan kewarganegaraan pada Akta Catatan Sipil :
    1. Asli dan fotocopy dokumen Kutipan Akta Catatan Sipil (Kelahiran / Pengakuan Anak / Kematian / Perkawinan / Perceraian);
    2. Foto copy KK dan KTP Pemohon;
    3. Surat Bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia / Keppres tentang kewarganegaraan (SBKRI) / Surat Keterangan Menkumham / Pengadilan Negeri / Surat Pernyataan tentang penetapan WNI (fotocopy legalisir);
    4. Berita Acara Sumpah
    5. Fotocopy KK dan KTP pemohon;
    6. Dokumen asli Kutipan Akta Catatan Sipil (beserta fotocopy);
  • Untuk perubahan peristiwa penting lainnya pada Akta Kelahiran :
    1. Asli dan fotocopy dokumen Kutipan Akta Catatan Sipil (Kelahiran / Pengakuan Anak / Kematian / Perkawinan / Perceraian);
    2. Fotocopy Salinan Penetapan Pengadilan yang dilegalisir;
    3. Fotocopy KK dan KTP pemohon;
    4. Dokumen asli Kutipan Akta Catatan(beserta fotocopy);
   

Dispendukcapil

  1. Petugas memberikan Formulir Pelaporan Perubahan Akta Catatan Sipil untuk diisi oleh pemohon;
  2. Petugas menerima dan memverifikasi Formulir Pelaporan Perubahan beserta lampiran persyaratan sesuai ketentuan;
  3. Petugas membuat catatan pinggir pada Kutipan Akta Catatan Sipil Pemohon;
  4. Petugas menyerahkan kutipan yang telah diberikan catatan pinggir kepada pemohon;
  5. Petugas menyimpan register akta sebagai arsip;

Paling Lambat

7 Hari Kerja

 

Retribusi

:

Rp.

0,-

Jangka Waktu Keterlambatan Pelaporan

:

30

Hari Kerja Setelah Penerbitan Dasar Perubahan

Denda Administrasi (Apabila Terlambat Melapor)

:

Rp.

1.000.000,-

Terakhir Diperbaharui ( Jumat, 24 May 2013 08:06 )
 

Salinan Akta-Akta Catatan Sipil Bagi Orang Asing

Surel Cetak PDF

ALUR

PERSYARATAN / BLANKO

WAKTU

Pemohon

Membawa persyaratan :

  1. Fotocopy Kutipan Akta Catatan Sipil (Kelahiran / Kematian / Pengakuan Anak / Kematian / Perkawinan / Perceraian);
  2. Fotocopy SKTT bagi Orang Asing pemegang izin tinggal sementara;
  3. Fotocopy KK dan KTP bagi Orang Asing pemegang izin tinggal tetap;
  4. Fotocopy Passport bagi Orang Asing pemegang izin kunjungan / singgah;
  5. Fotocopy Akta Kelahiran (khusus untuk pengurusan Salinan Akta Perkawinan);
 

Dispendukcapil

  1. Petugas memberikan Formulir Permohonan Salinan Akta Catatan Sipil untuk diisi pemohon;
  2. Petugas menerima Formulir Permohonan Salinan yang telah diisi dan ditandatangani beserta lampiran persyaratan sesuai ketentuan berlaku;
  3. Petugas memverifikasi Formulir Permohonan Salinan beserta lampiran syarat sesuai ketentuan;
  4. Petugas memproses dan menerbitkan Salinan Akta Catatan Sipil.

Paling Lambat

7 Hari Kerja

 

Retribusi

:

Rp.

0,-

Jangka Waktu Keterlambatan Pelaporan

:

-

Hari Kerja

Denda Administrasi (Apabila Terlambat Melapor)

:

Rp.

0,-

 
Halaman 1 dari 5 halaman

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.