Home

Layanan Catatan Sipil

Layanan Catatan Sipil adalah Layanan yang berkaitan dengan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian dan masalah catatan sipil lainnya



Pelaporan Perkawinan / Perceraian Luar Negeri

Surel Cetak PDF

ALUR

PERSYARATAN / BLANKO/ TAHAP PENYELESAIAN

WAKTU

Pemohon

Membawa persyaratan:

  1. Fotocopy Akta Catatan Sipil ( Perkawnian / Perceraian) dari Negara Asal;
  2. Fotocopy Passport, KTP, dan KK;
  3. Surat Kewarganegaraan Indonesia;
  4. Akte Kelahiran dan Ganti Nama (kalau ada);
  5. Dokumen Asing (untuk Warga Negara Asing);
  6. Pas Foto Hitam Putih 4 x 6 sebanyak 5 (lima) lembar (berdampingan);
  7. Bukti Pelaporan dari Perwakilan Negara RI setempat;
  8. Keterangan : Semua dokumen yang berbahasa asing harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dari penerjemah tersumpah dan membawa aslinya.

 

Dispendukcapil

  1. Petugas menerima dan memverifikasi Pelaporan Perkawinan / Perceraian Luar Negeri beserta lampiran persyaratan;
  2. Operator melakukan entry data dan menerbitkan Bukti Pelaporan Perkawinan / Perceraian Luar Negeri;
  3. Kepala Seksi melakukan verifikasi dan membubuhkan paraf;
  4. Kepala Bidang melakukan verifikasi dan membubuhkan Paraf;
  5. Kepala Dinas membubuhkan tanda tangan pada Register dan Bukti Pelaporan Perkawinan / Perceraian Luar Negeri;
  6. Bukti Pelaporan Perkawinan / Perceraian Luar Negeri diberikan kepada Pemohon;
  7. Pemohon berkewajiban melaporkan hasil Bukti Pelaporan perkawinan / Perceraian Luar Negeri kepada Instansi Pelaksana tempat domisilinya untuk perubahan status.

 

 

 

 

 

 

Paling Lambat

7 Hari Kerja

Jangka Waktu Keterlambatan Pelaporan

:

30

Hari Kerja

Denda Administratif (Apabila Terlambat Melapor)

:

Rp.

500.000,-







 

Pendaftaran Perkawinan WNI Online

Surel Cetak PDF
Klik di sini untuk Pendaftaran Perkawinan WNI Online
 

e-lampid (Pelayanan Online Akta Kelahiran dan Akta Kematian WNI)

Surel Cetak PDF

klik di sini untuk e-lampid (Pelayanan Online Akta Kelahiran dan Akta Kematian)

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 15 Desember 2014 07:12 )
 

Prosedur Pencatatan Kelahiran Bagi Orang Asing

Surel Cetak PDF

ALUR

PERSYARATAN / BLANKO

WAKTU

Pemohon

Membawa persyaratan :

  1. Surat Keterangan Kelahiran dari dokter / bidan / penolong kelahiran;
  2. Fotocopy dokumen:
    • Passport, bagi Orang Asing pemegang izin kunjungan/singgah;
    • Buku pengawasan orang asing;
    • KITAS dan SKTT (asli, bagi orang asing yang memiliki izin tinggal terbatas);
    • KK dan KTP (bagi orang asing yang memiliki izin tinggal tetap);
  1. Fotocopy Akta Perkawinan /Akta Nikah orang tua yang dilegalisir;
  2. Fotocopy KTP 2 (dua) orang saksi yang mengetahui peristiwa;
  3. Akta kelahiran ibu (apabila ada), bagi anak lahir di luar nikah;
  4. Surat Pernyataan Belum Pernah Mencatatkan Perkawinan dari Ibu bagi anak yang lahir diluar nikah;
 

Dispendukcapil

  1. Petugas memberikan form F.2-04 (Surat Keterangan Kelahiran Orang Asing) untuk diisi dan ditandatangani oleh pemohon;
  2. Petugas menerima dan memverifikasi form F.2-04 setelah diisi dan ditandatangani pemohon berdasarkan lampiran persyaratan yang berlaku;
  3. Petugas merekam Peristiwa Kelahiran ke dalam database dan register akta;
  4. Petugas menerbitkan kutipan akta kelahiran untuk disampaikan ke pemohon;
  5. Petugas menyimpan register akta kelahiran sebagai arsip.

Paling Lambat

7 Hari Kerja

Retribusi

:

Rp.

0,-

Jangka Waktu Keterlambatan Pelaporan

:

60

Hari Kerja

Denda Administrasi (Apabila Terlambat Melapor)

:

Rp.

1.000.000,-

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 26 Agustus 2014 11:00 )
 

Pembatalan Akta Perceraian

Surel Cetak PDF

ALUR

PERSYARATAN / BLANKO

WAKTU

Pemohon

Membawa persyaratan :

  1. Salinan Putusan Pengadilan mengenai pembatalan perceraian yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan Kutipan Akta Perceraian;
  2. Fotocopy KK;
  3. Fotocopy KTP;
  4. Fotocopy Akta Kelahiran;

Dispendukcapil

  1. Pasangan suami dan isteri yang perceraiannya dibatalkan,form F-2.26 (Formulir Pencatatan Pembatalan Perceraian)  pada Instansi Pelaksana atau UPTD Instansi Pelaksana dengan melampirkan persyaratan;
  2. Petugas Pencatatan Sipil pada Instansi Pelaksana atau UPTD Instansi Pelaksana mencabut Kutipan Akta Perceraian, dan menerbitkan Surat Keterangan Pembatalan Perceraian;
  3. Instansi Pelaksana atau UPTD Instansi Pelaksana mencatat dan merekam dalam database kependudukan.

Paling Lambat

7 Hari Kerja

Jangka Waktu Keterlambatan Pelaporan

:

60

Hari Kerja

Denda Administrasi (Apabila Terlambat Melapor)

:

Rp.

500.000,-

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 28 April 2015 09:15 )
 
Halaman 1 dari 5 halaman

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.