Berita

Urus Adminduk Kini ke Siola

Surel Cetak PDF

Urus Adminduk Kini ke Siola

SURABAYA – Sebagian pelayanan dispendukcapil mulai dipindahkan ke Gedung Tunjungan City lantai 1 kemarin (27/7). Tepatnya di depan unit pelayanan terpadu satu atap (UPTSA) di gedung tersebut. Perpindahan itu merupakan langkah awal sebelum seluruh kantor dipindahkan ke bekas gedung Siola tersebut.

Saat ini baru empat layanan adminduk (administrasi kependudukan) yang dipindahkan ke gedung yang sebagian berfungsi sebagai museum itu. Yakni, layanan pengajuan akta kelahiran, kematian, perkawinan, dan perceraian. Sebanyak 14 petugas siap melayani pengunjung yang membutuhkan akta tersebut. ’’Termasuk proses pembuatan akta juga sudah kami pindahkan ke Siola,’’ ujar Kepala Dispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo kemarin (27/7).

Perpindahan pelayanan tersebut disiapkan sejak Sabtu (25/7). Berbagai peralatan kantor seperti meja dan komputer dipindahkan dari kantor di Jalan Manyar ke Siola. Kemarin pelayanan bisa langsung dibuka pukul 07.30–16.00. Masyarakat bisa mendapatkan pelayanan mulai Senin hingga Jumat.

Bukan hanya itu. Dispendukcapil juga melengkapi fasilitas e-kios di gedung tersebut. Jadi, warga yang tidak mau mengantre di loket pelayanan bisa langsung mengajukan permohonan melalui sistem online. Juga, disediakan loket Bank Jatim untuk membayar denda bagi warga yang terlambat mengurus akta.

Anang, sapaan Suharto Wardoyo, menuturkan bahwa pemindahan pelayanan lainnya direncanakan dalam waktu dekat. ’’Kantor di Manyar rencananya digunakan dinas kebersihan dan pertamanan (DKP),’’ tuturnya.

Beberapa pelayanan lain yang belum dipindahkan, yaitu perubahan data penduduk, pengajuan surat keterangan pindah datang, pencetakan KTP dan KK orang asing, serta surat keterangan tinggal bagi orang asing. Sementara itu, perekaman e-KTP bisa dilakukan di Royal Plasa, PTC, dan ITC.

Anang berharap masyarakat mau memanfaatkan layanan online yang disediakan dispendukcapil. Apalagi, mereka juga sudah menyediakan mesin e-kios di seluruh kelurahan dan kecamatan di Surabaya. Setidaknya, mulai 3 Agustus nanti masyarakat bisa beralih ke sistem online. (ant/c15/git)

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 28 Juli 2015 09:43 )
 

Sosialisasi UU Kependudukan

Surel Cetak PDF

Sosialisasi UU Kependudukan


alt

Akta kelahiran merupakan hak dasar anak. Meski dilahirkan dari pernikahan siri, anak tetap bisa memiliki akta kelahiran. Kondisi tersebut mengemuka pada sesi diskusi dalam sosialisasi mengenai kependudukan di SMKN 6 Surabaya kemarin (16/6). Memang , sesuai dengan undang-undang, berdasar keterangan kepolisian, dispendukcapil bisa menerbitkan akta kelahiran untuk anak yang tidak diketahui asal usulnya. Poin perubahan tersebut berkaitan dengan pengakuan dan pengesahan anak.

Kasubdit Perkawinan dan Perceraian Direktorat Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Christina menjelaskan, penerbitan akta kelahiran tersebut sangat vital. Sebab, hal itu berkaitan dengan hak dasar anak. Bila tidak terpenuhi anak tersebut tidak memiliki identitas. "Akibatnya, usianya bisa dituakan, dipaksa memasuki dunia kerja yang tidak sesuai dengan kerja layak, dan human trafficking," imbuhnya.

Sosialisasi mengenai dokumen kependudukan kepada petugas RT,RW, dan kelurahan itu, menurut Christina, perlu dilakukan. Sebab, sejak UU No 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan disahkan, tidak sedikit masyarakat yang memiliki persepsi sendiri terkait dengan UU tersebut. Implementasi dilapangan juga berbeda-beda. "Persepsi-persepsi yang bervariasi itulah yang ingin kami samakan," ujarnya.

 

Sumber : Metropolis (17/6)

 

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 18 Juni 2015 14:50 )
 

Urus Akta Kelahiran Gratis dan Tidak Ribet

Surel Cetak PDF

Urus Akta Kelahiran  Via Smartphone, Gratis dan Tidak Ribet

 

alt

 

 

Layanan Akta Kelahiran Di Grand City

 

Warga Kota Surabaya kini makin dipermudah dalam mengurus administrasi kependudukan. Cukup mendaftar melalui smartphone, warga bisa mendapatkan akta kelahiran dan kematian dalam waktu yang relatif singkat. Cukup 3 hari, akta kependudukan itu sudah bisa dipegang ditangan. Tidak hanya cepat, tapi juga gratis.

"Nol rupiah dan bisa diaplikasikan dimana saja. Bisa melalui smart phone," ucap Kepala Dispenduk dan Capil Kota Surabaya Suharto, saat ditemui di pameran UKM Grand City , Rabu (27/5). Layanan mengurus akta kelahiran dan kematian melalui online tersebut kini terus dikenalkan kepada masyarakat. Saat digelar pameran, layanan akta gratis melalui online ini dibuka.

Layanan catatan kependudukan melalui online ini menghilangkan transaksi dan praktik suap. Disisi lain, layanan baru ini bisa mempercepat proses pelayanan, sehingga lebih praktis.

Warga tidak perlu repot-repot lagi datang ke Kantor Dispenduk dan Capil, apalagi sampai mengantre. Mereka cukup mendaftar dirumah atau di kantornya masing-masing. "Orang paling malas kalau disuruh mengurus ke kantor. Tidak saja antre, tapi meluangkan waktu izin meninggalkan pekerjaan adalah hal sulit. Layanan online adalah solusi," tambah Suharto.

Saat ini, ada ratusan kios khusus yang bisa melayani pendaftaran akta kelahiran dan kematian secara online. Kios ini berupa seperangkat komputer lengkap dengan alat scan yang jadi satu. Misalnya , menyertakan KK dan foto cukup dengan memasukkan lembaran ini ke scan.

Saat ini, ada 154 kios di seluruh kelurahan di Kota Surabaya. Kemudian di 31 kecamatan dan dua rumah sakit milik Pemkot Surabaya. Yakni RSUD Soewandhie dan RSUD BDH. Selain itu juga tersedia di 10 Puskesmas. "Petugas kami stand by untuk membantu warga," kata Suharto.

Caranya sangat mudah. Warga cukup membuka website www.surabaya.go.id. Kemudian mengikuti petunjuk pendaftaran dengan lebih dulu memasukkan nomor KK. Setelah tuntas dan final , tunggu tiga hari jam kerja sudah jadi. "Saat jadi pun, bisa diklik di web ada preview lembaran aktanya. Namun akta yang sudah jadi ini harus diambil di kelurahan. Gratis," tambah Suharto.

Karena penasaran, sejumlah warga pun kemarin mencoba mendaftarkan putranya melalui layanan online di Grand City. Salah satunya Ari Eka Putra (35), warga Simo Sidomulyo. "Senangnya itu gratis, cepat , dan tidak ribet bolak balik ke kantor Capil. Kalau anak pertama saya dulu sampai bayar Rp.100.000. Ini gratis dan praktis," Ujar Ari.

 

Sumber : Koran Harian Pagi Surya.

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 28 May 2015 13:05 )
 

Pembuatan E-KTP Masih Terkendala

Surel Cetak PDF

Pembuatan E-KTP Masih Terkendala

Seruan untuk membuat e-KTP telah lama dilakukan pemerintah. Akan tetapi, hingga kini masih ada saja kendala dalam pembuatan kartu indentitas. Dikecamatan Gayungan, misanya , kendala utama pembuatan e-KTP adalah banyaknya data pendaftar yang berubah ketika e-KTP sudah jadi. Terutama data status perkawinan. "Ketika mendaftar, mereka single. Tetapi, ketika sudah jadi KTP-nya, ternyata mereka sudah menikah," ucap Subandi, staf seksi pemerintahan Kecamatan Gayungan.

Dia mengatakan, permasalahan seperti itu membuat kecamatan tidak bisa berbuat banyak. Sebab, urusan pencetakan adalah wewenang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya. "Kecamatan hanya membantu mengurus pengajuan. Pencetakan urusan," jelasnya. Menanggapi perihal tersebut, Kecamatan Gayungan akan menampung pembetulan e-KTP yang dikeluhkan warga. Meski begitu, kesadaran warga Gayungan akan e-KTP cukup tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah warga yang telah mendaftar dan membuat e-KTP. "Kurang lebih 90 persen," ujarnya.

Di Kelurahan Babat Jerawat, Tandes, sebagian warga menerima e-KTP ganda. Dampaknya, kelurahan harus menarik KTP dari warganya. "Yang bermasalah justru dari Jakarta. Itu pencatakan kali pertama, tapi hasilnya dobel," terang Kasi Pemerintahan Kelurahan Babat Jerawat Lis. Dia menyebutkan, pihaknya menerima laporan dari para ketua RW. Hal tersebut diketahui saat e-KTP akan dibagikan. Ada warga yang mengaku telah memiliki KTP. Meski begitu, mereka tetap menerima e-KTP kedua. Kelurahan sementara mendata jumlah warga penerima KTP ganda. Misalnya , di RW I,III, dan IV. "Akan segera kami tarik," tegasnya. Untuk e-KTP yang dicetak Dispendukcapil Surabaya, kondisinya jauh lebih baik.

Lamanya pembuatan e-KTP membuat warga mengeluh. Tidak jarang , staf Kecamatan Simokerto terkena getahnya. Hal itu dibenarkan staf Kasi Pemerintahan Kecamatan Simokerto Edi Yustanto. Biasanya, menurut dia, mereka yang mengeluh adalah warga yang kehilangan KTP, KTP sudah tidak berlaku, atau warga pindahan. Meski dibekali surat keterangan sebagai pengganti KTP sementara, banyak instansi menolak.

Persoalan lain, jumlah e-KTP yang diajukan oleh kecamatan tidak sesuai dengan jumlah yang dicetak. Padahal, kecamatan bisa menerima belasan permintaan e-KTP dalam sehari. Kepala Dispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo mencari cara untuk mengatasi lambatnya pencetakan e-KTP itu. Salah satunya, Dispendukcapil Malang meminjamkan tiga alat cetaknya kepada Dispendukcapil Surabaya mulai Selasa (26/5). Setiap hari satu alat cetak e-KTP bisa menghasilkan 800 lembar. Jadi, Dispendukcapil Surabaya bisa menghasilkan 2.400 lembar e-KTP dalam sehari.

 

Sumber : Metropolis Surabaya ( Kamis , 28 Mei 2015)

 

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 28 May 2015 11:33 )
 

Dispendukcapil Permudah Pengurusan SKTS

Surel Cetak PDF

Angka Penduduk Musiman Tinggi, Dispendukcapil Surabaya Permudah Pengurusan SKTS

 

alt

Penduduk musiman di Surabaya terus bertambah. Hingga kemaren (26/4), sudah ada 31.851 warga yang memiliki kartu identitas penduduk musiman (kipem) dan surat keterangan tinggal sementara (SKTS). Bubutan memiliki penduduk musiman tertinggi di Surabaya Utara. Sebanyak 894 penduduk musiman tinggal disana. Setiap hari rata-rata 50 orang mengajukan permohonan SKTS. "Mereka yang tidak menetap disini rata-rata tidak sulit jika diminta untuk mengurus SKTS," beber Camat Bubutan Nono Indriyatno.

Dikecamatan Simokerto, tercatat ada 457 penduduk musiman. "Penduduk musiman ada disini untuk dagang saja," ujar Henny Indriaty, camat Simokerto. Dikecamatan Bulak, terdata 101 penduduk musiman. Untuk menertibkan pencatatan, kecamatan tersebut mendaftarkan penduduk musimannya secara kolektif. Biasanya yang mendaftarkan adalah ketua RT atau RW. "Kalau disuruh ngurus sendiri, takutnya ada yang malas sehingga tidak mempunyai SKTS." jelas Camat Bulak Suprayitno. Diwilayah itu, pekerja swasta mendominasi sebagai penduduk musiman. Mereka bekerja sebagai buruh pabrik. Ada pula yang bekerja sebagai karyawan swasta.

Sementara itu, di Pabean Cantian ada 229 penduduk musiman. Di Krembangan dan Kenjeran, jumlah penduduk musiman sebanyak 223 dan 619 orang. Yang paling sedikit di Kecamatan Semampir, 78 penduduk musiman. Pemerintah Kota Surabaya berkomitmen mempermudah pengurusan identitas penduduk musiman. Sebelumnya, saat mengurus kipem, penduduk harus menyertakan surat pindah sementara. Namun , sekarang penduduk musiman dimudahkan dengan SKTS. Mereka bisa mendaftar secara online ke website dispendukcapil. Setelah itu, bukti pendaftaran di-print.

Bukti pendaftaran online tersebut kemudian dibawa ke kelurahan. Penduduk musiman juga wajib menyertakan fotokopi KTP, surat keterangan tinggal sementara yang ditandatangani pemilik rumah atau kost, serta tanda tangan ketua RT/RW. Surat keterangan kerja atau studi juga harus disertakan. Dispendukcapil Kota Surabaya belakangan rajin mengadakan operasi yustisi terhadap penduduk musiman. Mereka melakukan aksi jemput bola bagi yang belum mempunyai SKTS. "Tujuannya tentu menertibkan," ujar Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Suharto Wardoyo.

 

Sumber : Jawa Pos

Terakhir Diperbaharui ( Rabu, 29 April 2015 09:51 )
 
Halaman 1 dari 39 halaman

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.