HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----
Home Berita Urus Dokumen dari ujung Jari

Urus Dokumen dari ujung Jari

Surel Cetak PDF
alt
"Melayani urusan dokumen administrasi kependudukan bagi sekitar 3 juta warga Kota Surabaya, Jawa Timur, bukan perkara mudah.Pemerintah setempat membuat layanan berbasis daring,e-Lampi,untuk memudahkan pengurusan dokumen warga kota itu dari lahir hingga mati. Iqbal Basyari"
 

Wajah Bambang(58)tampak ceria setelah keluar dari salah satu ruangan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya,JawaTimur,Rabu(25/7/2018).Pria asal Wiyung tersebut baru saja menerima akta pernikahan yang diurus secara daring setelah seminggu sebelumnya.”dulu untuk mengurus dokumen kependudukan seperti ini perlu waktu lebih dari satu bulan,sekarang lebih cepat dan mudah,” katanya.
 
 
Bambang adalah salah satu warga yang mengurus dokumen kependudukan mealui e-Lampid, aplikasi pendaftaran kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya.Kesibukan membuat dia sulit meluangkan waktu untuk mengurus akta pernikahan di unit pelayanan terpadu satu atap (UPTSA) di Gedung Siola, Jalan Tunjungan . Padahal, Dokumen kependudukan tersebut harus diurus untuk mencatatkan pernikahannya.
 
 
Melalui laman e-Lampid,warga yang ingin mengurus dokumen administrasi kependudukan tidak perlu dating ke loket pelayanan yang berada di Kecamatan,Kelurahan ataupun UPTSA.Mereka hanya perlu gawai atau computer untuk melakukan pengurusan dokumen melalui laman Lampid.Surabaya.go.id .Jika tidak punya,warga bias mendatangi kelurahan untuk menggunakan computer e-Lampid yang sudah tersedia di semua Kelurahan.
 
 
Aplikasi berbasis daring ini melayani enam jenis pelayanan dokumen kependudukan, yaitu pembuatan akta kelahiran, akta kematian, surat pindah datang, surat pindah keluar, akta perkawinan, dan akta perceraian. Ke enam layanan tersebut bias diakses kapan pun dan diaman pun secara daring.
 
 
Di laman e-Lampid,warga harus memfoto ataupun memindai dokumen yang diperlukan. Dokumen itu lalu diunggah dilaman e-Lampid sesuai ketentuan dan alur yang tertera dengan dokumen yang diurus.Warga juga bias memantau perkembangan pengurusan secara daring sebagai bagian dari transparansi pelayanan pemerintah.
 
 
Verifikasi Dokumen
Meskipun dilakukan secara daring,proses verifikasi dokumen tetap diperlukan untuk memastikan keaslian dokumen yang diunggah. Petugas dari kelurahan akan memverifikasi dokumen yang diisyaratkan. Setelah itu, petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan memproses jika semua syarat dinyatakan lengkap. Dokumen yang selesai bisa diambil di kelurahan setempat. Khusus akta kelahiran akan diantar ke rumah melalui program Go-Akta.
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya Suharto Wardoyo mengatakan ,e-Lampid dibuat sejak 2015 untuk menjawab tantangan kebutuhan pengurusan dokumen yang tinggi di”Kota Pahlawan”. Warga yag memiliki kesibukan dan tidak bisa meluangkan waktu mengurus ke loket-loket perlu diakomodasi untuk menghilangkan keengganan mengurus dokumen.
 
 
Setiap hari ada sekitar 1.500 warga yang mengurus dokumen administrasi kependudukan, seperti kartu tanda penduduk, akta kematian, akta kelahiran, dan pindah datang. Ada beberapa lokasi pengurusan yang disediakan, baik di kelurahan, kecamatan, maupun 30 loket di UPTSA Siola. Membeludaknya jumlah pemohon sering kali membuat antrean di loket-loket amat panjang.
 
 
Untuk mengurangi antrean yang mengurus secara luring.e-Lampid menjadi salah satu solusi yang ditawarkan kepada masyarakat.Setiap hari ada 300-500 pemohon yang memanfaatkan e-Lampid.Melalui proses daring, warga tidak perlu mengantre dan datang ke lokasi-lokasi pengurusan dokumen. Mereka hanya perlu mengunggah dokumen dari rumah ataupun tempat kerja sehingga tidak perlu cuti dari pekerjaan untuk sekadar mengurus dokumen.”tugas pemerintah memberikan pelayanan yang semudah mungkin agar warga tidak kesulitan mengurus dokumen yang harus dimiliki tersebut,” ujar Suharto.
 
 
Sesuai Undang-Undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, warga perlu memiliki dokuen administrasi kependudukan karena dapat memberikan pemenuhan atas hak-hak administrative penduduk dalam pelayanan public serta memberikan perlindungan dari negara. Karena itu sudah menjadi kewajiban pemerintah memberikan kemudahan pelayanan dokumen agar tidak ada warga yang enggan mengurus dokumen kependudukan karena alasan prosesnya yang rumt dan melelahkan.
 
 
Paket Hemat
Suharto mengatakan,perubahan status di satu dokumen kependudukan akan berakibat pada dokumen yang lain. Pembuatan akta kelahiran , Kematian, dan Pernikahan, misalnya, akan berimplikasi pada perbaikan data di KTP ataupun Kartu Keluarga(KK).Oleh sebab itu, pihaknya memberikan pelayanan paket untuk mengurus beberapa dokumen secara bersamaan agar menghemat waktu.
 
 
Untuk paket hemat 1 ada pelayanan akta kelahiran dan KK. Paket hemat 2 meliputi pengurusan akta kematian dan KK. Kemudian, pengurusan paket hemat 3 meliputi surat pindah datang dan KK. “Sekali pengurursan bias dapat dua dokumen sehingga hemat waktu dan hemat tenaga,”kata Suharto.
 
 
Untuk mengatakan pelayanan pengurusan administrasi kependudukan,Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga menambah jam pelayan di loket yang berada di UPTSA Siola yang umumnya tutup pukul 16.00. Di UPTSA Siola ada 30 loket pelayanan dokumen kependudukan yang buka setiap hari senin-jumat sejak pukul 07.30 hingga 21.00. Sememtara untuk sabtu,pelayanan buka pada 08.00 hingga 16.00.
 
 
“Inovasi e-Lampid masuk dalam Top 99 sistem inovasi pelayanan public yang dilakukan oleh kementrian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi. Beberapa daerah lain juga sudah bekerja sama menerapkan system ini, salah satunya Kota Jayapura,” kata Risma.
Terakhir Diperbaharui ( Senin, 24 September 2018 15:17 )  

Sedang Online

Kami punya 1045 tamu dan 1 anggota online
  • Welem

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.