HOT NEWS
---- KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tldak perlu diperpanjang   walapun telah habis masa berlakunya ---- Pengajuan Pencetakan KTP-el di Dispenduk di data dan di kirimkan lewat Kecamatan, Pemohon dapat mengurus Surat permohonan pencetakan di Kecamatan. ----
Home Berita Umur 67 Tahun Mengurus Akta Kelahiran

Umur 67 Tahun Mengurus Akta Kelahiran

Surel Cetak PDF

alt

SURABAYA – Masih banyak warga metropolis yang belum memiliki akta kelahiran. Padahal, kartu bukti lahir seseorang tersebut punya peranan penting. Kemarin (30/5) layanan keliling mobil e-KTP memberikan fasilitas cetak akta di tempat bagi warga Kecamatan Tambaksari.

Keunggulan layanan itu adalah waktu penerbitan yang singkat. Biasanya akta butuh waktu seminggu hingga terbit. Namun, dengan mobil keliling e-KTP, jika berkas dan syarat perlengkapan sesuai, sehari langsung cetak.

Sejak pukul 08.00, aula Kecamatan Tambaksari sudah dipadati warga. Mereka menunggu kedatangan mobil layanan keliling milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya ke wilayah mereka. Antusiasme masyarakat sangat besar. Bahkan, jika dibanding dengan kecamatan lain, Tambaksari paling banyak peminatnya. Tidak sampai dua jam 250 nomor antrean yang disediakan petugas ludes.

Sekretaris Kecamatan Tambaksari Maria Agustin Yuristina menyatakan, seminggu sebelumnya pihak kecamatan mengumpulkan lurah dan tokoh masyarakat dari delapan kelurahan. Tujuannya, keberadaan layanan itu bisa di ketahui warga. ’’Ternyata banyak warga yang menyambut baik layanan ini,’’ ujarnya.

Selain itu, petugas dari tiap-tiap kelurahan disiagakan. Sebelum warga mengajukan cetak akta, petugas memverifikasi berkas dan persyaratan yang diperlukan. Selain melalui cara manual, verifikasi bisa dilakukan melalui e-Lampid.

Data Kecamatan Tambaksari menunjukkan, 80 persen yang mengurus akta berusia 18 tahun ke atas. ’’Paling tua usia 67 tahun yang datang mengurus,’’ ujar Kasi Pemerintahan Kecamatan Tambaksari Agus Maryono. Hingga pukul 14.00, mobil keliling e-KTP telah menerbitkan 190 akta kelahiran. Jumlah tersebut separo di antara total masyarakat yang datang. Beberapa kendala seperti kekurangan berkas menjadi penyebabnya.

 

Sumber : JawaPos

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 31 May 2018 11:22 )  

Sedang Online

Kami punya 1099 tamu dan 2 anggota online
  • admin
  • dhilla careha

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.