HOT NEWS
Jam Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, Senin - Jumat : 07.30 - 21.00, Sabtu : 08.00 - 16.00 di Gedung Siola lt. 1 | Untuk KTP-el yang sudah habis masa berlakunya, tidak perlu diperpanjang karena otomatis menjadi berlaku seumur hidup | Cetak Ulang KTP-el karena Perubahan Data, Rusak atau Hilang dilakukan di Kecamatan.
Home Berita Mulai 1 September 2013 Kipem Dilayani Di Kecamatan

Mulai 1 September 2013 Kipem Dilayani Di Kecamatan

Surel Cetak PDF

 

altSurabayakita.com - Mulai bulan September 2013 semua pengurusan Kartu Identitas Penduduk Musiman (Kipem) diserahkan Dispendukcapil kepada kantor kecamatan.

Dengan penyerahan ini maka pengurusan KIPEM tak lagi dilakukan di kantor Dispendukcapil di kawasan Jl Manyar Surabaya. Tentu saja warga yang berada jauh dari tengah kota bisa lebih berhemat waktu dan tenaga.

Menurut Moh. Suharto Wardoyo, Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, yang dihubungi Surabayakita.com, Selasa (27/8/2013),pelimpahan pengurusan KIPEM ke kantor kantor kecamatan ini akan mempermudah masyarakat. "Warga akan lebih dekat jika akan mengurus KIPEM atau memperpanjangnya," ujar Suharto.

Selain lebih berhemat waktu dan tenaga atau juga ongkos perjalanan, pengurusan KIPEM di kecamatan sama saja waktu pengurusan maupun besaran retribusinya ketika warga mengurus di kantor Dispendukcapil.

Untuk waktu pengurusan sama yakni 7 hari kerja dengan biaya retribusi sebesar Rp 10.000 untuk setiap warga. Selama ini warga yang jauh dari tengah kota mungkin ada rasa enggan jika harus mengurus KIPEM ke Dispendukcapil.

Diharapkan dengan bisa mengurus KIPEM di setiap kantor kecamatan maka semua warga non Surabaya tetapi tinggak di kota ini segera bisa mengurusnya. Hal ini penting bagi pendataan penduduk kota Surabaya.

Tahun 2012 lalu ada sebanyak 12.000 orang yang mengurus KIPEM yang berlaku setahun. Namun jumlah tersebut menyusut pada tahun 2013 karena hanya 3.255 orang yang mengurus KIPEM. Dengan jumlah ini berarti masih banyak warga luar kota yang belum mengantongi KIPEM.

Untuk mengurus KIPEM ini syaratnya tak terlalu ribet. Hanya membawa surat keterangan pindah sementara dari daerah asal, KTP asli, surat pernyataan jaminan tempat tinggal dan pekerjaan bagi yang bekerja atau studi bagi yang kuliah.

Terakhir Diperbaharui ( Rabu, 28 Agustus 2013 08:09 )  

Sedang Online

Kami punya 1249 tamu dan 10 anggota online
  • Melisayori
  • galihsatria23
  • lailydee88@gmail.com
  • Sofian
  • s.djuana
  • Laurensyamonica
  • very
  • dina restu

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.