HOT NEWS
Jam Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, Senin - Jumat : 07.30 - 21.00, Sabtu : 08.00 - 16.00 di Gedung Siola lt. 1 | Untuk KTP-el yang sudah habis masa berlakunya, tidak perlu diperpanjang karena otomatis menjadi berlaku seumur hidup | Cetak Ulang KTP-el karena Perubahan Data, Rusak atau Hilang dilakukan di Kecamatan.
Home Berita Orang Terlantar Bisa Ajukan KTP Surabaya

Orang Terlantar Bisa Ajukan KTP Surabaya

Surel Cetak PDF

Surabayakita.com - Warga terlantar di Surabaya kini bisa mengajukan kartu identitas berupa KTP. Syaratnya yang bersangkutan sebelumnya benar benar tak memiliki KTP.

Hal ini berdasarkan surat dari Asisten Pemerintahan tertanggal 25 Juli 2013 yang ditujukan kepada para camat se Surabaya. Dalam surat tersebut disebutkan jika orang yang memiliki Surat Keterangan Orang Terlantar dapat diberikan pelayanan dokumen kependudukan.

Untuk mendapatkan Surat Keterangan Orang Terlantar itu syaratnya orang tersebut tak memiliki dokumen kependudukan dan  mengajukan surat permohonan menjadi penduduk yang diketahui lurah dan camat di mana orang tersebut tinggal.

"Yang termasuk orang terlantar ini adalah mereka yang tak memiliki dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga maupun Kartu Tanda Penduduk," ujar Suharto Wardoyo, Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya yang dihubungi Surabayakita.com, Selasa pagi (30/7/2013).

Hanya saja untuk mengetahui kebenaran orang tersebut termasuk terlantar dengan tidak memiliki dokumen kependudukan agak sulit dilakukan  Pemkot Surabaya. Menurut Suharto Wardoyo kepada pemohon surat terlantar itu diminta tak memberikan keterangan palsu.

Sebab sesuai Undang Undang No 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, jika di kemudian hari yang bersangkutan memberikan keterangan palsu saat mengajukan dokumen kependudukan maka akan dikenai sanksi pidana maksimal 6 tahun penjara.

Selain itu pemilik Surat Keterangan Orang Terlantar ini juga akan diumumkan di kantor Kecamatan dan kelurahan untuk mendapat masukan masyarakat. Jika ada yang keberatan karena diketahui orang itu sebelumnya memiliki KTP maka Pemkot membatalkan Surat Keterangan Orang terlantar yang sudah dimilikinya sekaligus tak memproses pengajuan KTP dan KK nya.

"Orang terlantar ini bisa saja berasal dari dalam kota ataupun luar kota. Bisa aja mereka masuk kategori orang terlantar karena tidak memiliki KK dan KTP baik dari Surabaya atau luar kota," ujar Suharto.

Namun untuk memiliki dokumen seperti KTP dan KK, orang terlantar itu tak bisa serta merta mendapatkannya. Tapi harus melalui proses dengan menunggu sekitar 1 tahun untuk kemudian bisa mengajukan sebagai penduduk Surabaya.

"Untuk kelengkapan dokumen mengajukan surat kependudukan itu harus minta surat dari RT dan RW di mana orang tersebut tinggal. Jadi ketua RT lah yang mengetahui domisili penduduk tersebut," tambah Suharto.

Selanjutnya Dispendukcapil akan memberikan Nomor Induk Kependudukan dulu untuk bisa merekam e-KTP tapi belum diberikan KK dan KTP. Bila menurut Mendagri nomor tersebut tak ganda dengan daerah lain, baru diberikan KK dan KTP.

Data orang terlantar di Surabaya Tahun 2013 ini sebanyak 75 orang. (red)

 

Sedang Online

Kami punya 1012 tamu online

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.