HOT NEWS
Jam Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, Senin - Jumat : 07.30 - 21.00, Sabtu : 08.00 - 16.00 di Gedung Siola lt. 1 | Untuk KTP-el yang sudah habis masa berlakunya, tidak perlu diperpanjang karena otomatis menjadi berlaku seumur hidup | Cetak Ulang KTP-el karena Perubahan Data, Rusak atau Hilang dilakukan di Kecamatan.
Home Berita Ratusan e-KTP Jabar Nyasar Surabaya

Ratusan e-KTP Jabar Nyasar Surabaya

Surel Cetak PDF
alt

SURABAYA-Masih banyak warga Kota Surabaya yang belum menerima KTP elektronik (e-KTP). Nah, belum menyeluruhnya pembagian e-KTP ini memunculkan kekhawatiran, e-KTP milik warga Kota Surabaya ketlisut (salah kirim) ke daerah lainnya seperti yang terjadi di Kabupaten Tuban.

Apalagi, kejadian salah pengiriman paket e-KTPĀ  ternyata juga pernah terjadi di Kota Surabaya. Yakni pada akhir tahun 2012 lalu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo mengatakan, Kecamatan Wonokromo pernah menerima ratusan kiriman keping paket e-KTP milik kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Pihak Kecamatan Wonokromo lantas melaporkan hal itu ke Dispendukcapil yang kemudian mengembalikannya ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kita juga khawatir kalau e-KTP warga Surabaya ada yang terkirim ke daerah lain. Jika seperti itu, kita harapkan Dispenduk kota lain proaktif dengan mengembalikan ke Kemendagri. Dan Kemendagri lantas mengembalikan lagi ke daerah asal," ujar Suharto, Senin (14/1/2013).

Dikatakan Suharto, sesuai protapnya, pengiriman e-KTP dari Kemendagri adalah melalui kantor pos yang lantas dikirimkan ke kecamatan tanpa melalui perantara Dispendukcapil. Ditanya mengapa bisa salah kirim, Suharto juga mengaku tidak tahu.

"Tapi dengan kejadian ini, Kemendagri tentu perlu lebih cermat dan lebih hati-hati. PT Pos juga perlu lebih teliti," sambung dia.

Dispendukcapil Kota Surabaya sudah mulai membagi-bagikan e-KTP di kelurahan sejak triwulan tahun lalu. Beberapa warga mengaku sudah menerima. Namun, warga lainnya mengaku belum mendapatkan undangan pengambilan e-KTP.

"Ini karena pengiriman keping e-KTP yang sudah jadi kan bertahap," ujar mantan Kabag Hukum Pemkot Surabaya ini.

Untuk pengambilan e-KTP, Suharto menyebut dinasnya memberikan kemudahan bagi warga yang sakit dan juga berusia lanjut (lansia). "Bagi warga yang sakit dan lansia, e-KTP nya akan diantar oleh RT setempat," imbuh pria yang semasa di SMA2 sebangku dengan Ari Lasso ini.

Sumber : Surya Online

 

Sedang Online

Kami punya 487 tamu online

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.