HOT NEWS
Jam Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, Senin - Jumat : 07.30 - 21.00, Sabtu : 08.00 - 16.00 di Gedung Siola lt. 1 | Untuk KTP-el yang sudah habis masa berlakunya, tidak perlu diperpanjang karena otomatis menjadi berlaku seumur hidup | Cetak Ulang KTP-el karena Perubahan Data, Rusak atau Hilang dilakukan di Kecamatan.
Home Berita 400 Ribu Warga "Abal-Abal" Bisa Tak Ikut Pemilu

400 Ribu Warga "Abal-Abal" Bisa Tak Ikut Pemilu

Surel Cetak PDF
alt

SURABAYA - Terungkapnya 400 ribu warga Kota Surabaya yang tidak termasuk dalam data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) yang diserahkan Pemkot Surabaya ke KPU Surabaya, Kamis (6/12/2012), menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya.

Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Suharto Wardoyo mengaku kaget, jumlah selisih penduduk Surabaya versi pemerintah dan versi di dinasnya yang mencapai 400 ribu itu termasuk sangat banyak.

"Jumlahnya memang cukup banyak. Mereka mungkin masuk di DAK2 daerah lain," ujar Suharto menjawab Surya, Kamis (6/12/2012).
Dikatakan Suharto, pihaknya dalam waktu dekat akan mengkonsultasikan masalah ini ke Kementerian Dalam Negeri. Karenanya, pihaknya belum akan menghapus data warga tersebut.

"Pekan depan kita ke Kemendagri. Kita minta data 400 warga tersebut dan akan kita panggil siapa-siapa saja," sebut mantan Kabag Hukum Pemkot Surabaya ini.

Menurutnya, merujuk aturan, apabila terjadi perbedaan database, masih bisa diintegrasikan. Setelah ini, masih ada beberapa tahapan lagi antara lain, paling lambat 5 Januari 2013, Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengintegrasikan tambahan data hasil perekaman e-KTP dengan database kependudukan. “Jadi ini masih tahap awal. Masih ada waktu melakukan verifikasi, kalau-kalau ada perubahan atau penambahan data,” ungkap Suharto.

Ditanya apa dampaknya bagi 400 ribu warga yang tidak masuk DAK2 tersebut, Anang-panggilan Suharto menyebut mereka bisa tidak ikut Pemilu 2014 mendatang. "Bisa saja tidak ikut Pemilu, tidak terdaftar dalam data pemilih. Karenanya ini akan terus kita verifikasi," sambung
Anang.

Diberitakan sebelumnya, DAK2 yang diserahkan Pemkot ke KPU, mengacu pada versi pemerintah pusat yang menyatakan jumlah penduduk Surabaya berjumlah 2.719.859 jiwa. Padahal, dari data Dispendukcapil, diketahui per 6 Desember 2012 jumlah penduduk mencapai 3.114.639 jiwa. Itu artinya ada selisih sekitar 400 ribu jiwa.

Surabaya : Surya Online

 

Sedang Online

Kami punya 1422 tamu dan 1 anggota online
  • almost

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.