HOT NEWS
Jam Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, Senin - Jumat : 07.30 - 21.00, Sabtu : 08.00 - 16.00 di Gedung Siola lt. 1 | Untuk KTP-el yang sudah habis masa berlakunya, tidak perlu diperpanjang karena otomatis menjadi berlaku seumur hidup | Cetak Ulang KTP-el karena Perubahan Data, Rusak atau Hilang dilakukan di Kecamatan.
Home Berita 20% Warga Surabaya Tak Ber-KTP

20% Warga Surabaya Tak Ber-KTP

Surel Cetak PDF

IMG 0087SURABAYA - Sekitar 20 persen dari total warga Kota Surabaya sekitar 3 juta jiwa diketahui tidak memiliki kartu identitas baik berupa kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) maupun akte kelahiran.

Ketua Pansus Raperda Penyelenggaraan Admintasi Kependudukan DPRD Kota Surabaya Agus Santoso mengatakan, karena masih banyaknya warga yang tidak memiliki kartu identitas tersebut, Pemkot Surabaya perlu semakin mempermudah pengurusan kartu identitas. "Selama ini, di perda yang ada selalu dicantolkan tentang kepemilikan hak atas tanah sebagai syarat memperoleh kartu identitas," kata Agus, Rabu (19/1).

Untuk itu, lanjut dia, dalam Raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan yang kini masih dalam proses pembahasan di DPRD Kota Surabaya, dewan a akan menghapus salah satu poin dalam raperda tersebut yakni pasal 13 ayai 1 huruf c, yakni "bukti kepemilikan/penguasaan/penepatan atas tanah dan atas bangunan dan atau persil yang sah".

Menurut dia, ayat 1 huruf c tersebut tidak sesuai dengan kondisi saat ini karena untuk bisa memiliki kartu identitas, setiap warga tidak harus mempunyai bukti kepemilikian atas persil atau tanah karena itu masuk ranahnya Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Kalau seperti ini, bagi warga negara yang memiki identitas di Surabaya harus memilik rumah yang sah, tapi bagaimana kalau orang tidak punya rumah," tanyanya.

Apalagi pansus Raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan telah melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Selasa (18/1). Hasil konsultasi tersebut tidak mengkaitkan ada cantolan dalam undang-undang.

"Bahkan di Jakarta sendiri tidak mengkaitkan perda dengan hak kepemilikian dan hak memperoleh kartu identitas," ujarnya. pur

Sumber : http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=f0969d23242b68ac214b27f3258f1845&jenis=c81e728d9d4c2f636f067f89cc14862c

Terakhir Diperbaharui ( Rabu, 06 Juli 2011 23:01 )  

Sedang Online

Kami punya 2883 tamu dan 2 anggota online
  • rino ariatrianto
  • Roni

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.