HOT NEWS
Senin s/d Jumat Pukul 10.00-17.00, tempat ITC Megagrosir, PTC, Royal Plaza. Jenis Pelayanan : Perpanjangan KTP & Perekaman e-KTP | Sabtu s/d Minggu Pukul 10.00-17.00. (ITC Megagrosir & PTC) Jenis Pelayanan : Perpanjangan KTP, Perekaman e-KTP, Akta Kelahiran dan Denda Keterlambatan. (Royal Plaza) Jenis Pelayanan : Perpanjangan KTP, Perekaman e-KTP, Akta Kematian, Akta Kelahiran dan Denda Keterlambatan | Pelayanan KIPEM di 31 Kecamatan Senin-Kamis 08.00-16.00 WIB & Jum'at 08.00-15.00 WIB
Home Artikel Tiga Besar Dunia, Jumlah Penduduk Indonesia

Tiga Besar Dunia, Jumlah Penduduk Indonesia

Surel Cetak PDF
JAKARTA | SURYA Online - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional memprediksi jumlah penduduk Indonesia berpotensi menjadi yang terbesar sedunia setelah China dan India jika laju pertumbuhannya tak bisa ditekan secara signifikan.

"Dalam waktu kurang dari 50 tahun lagi jumlah penduduk kita akan meningkat dua kali lipat atau sekitar 475 hingga 500 juta jiwa," kata Kepala BKKBN Sugiri Syarief di Jakarta, Senin (21/2/2011).

 

Sugiri menjelaskan, jumlah dan pertumbuhan penduduk Indonesia akhir-akhir ini berdasarkan data sensus penduduk tahun 2010 melebihi angka proyeksi nasional yaitu sebesar 237,6 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk 1,49 per tahun.

"Secara kuantitas jumlah dan pertumbuhan penduduk di Indonesia masih cukup tinggi, bahkan terbesar keempat sedunia, namun secara kualitas masih tergolong rendah yakni berada pada posisi ke 108 dari 188 negara," katanya.

Ia menambahkan, pertumbuhan penduduk yang pesat merupakan akibat dari fertilitas yang tinggi akan menjadi sumber kemiskinan dan menghambat pertumbuhan ekonomi.

"Dampak dari kondisi ini akan meningkatkan beban pemerintah baik pusat maupun daerah, utamanya dalam penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar penduduk seperti pangan, kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, transportasi, energi dan lain sebagainya," katanya.

Untuk itu diperlukan langkah konkrit guna menurunkan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kualitas penduduk.

"Caranya melalui penyerasian kebijakan dengan program pembangunan di segala bidang, baik aspek kuantitas, kualitas dan pengarahan mobilitas serta persebaran penduduk sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung di setiap wilayah," katanya.

Sumber : http://www.surya.co.id/berita_terkini/tiga-besar-dunia-jumlah-penduduk-di-indonesia.html

 

Sedang Online

Kami punya 110 tamu online

Halaman Login

Untuk bisa berpartisipasi dalam suara warga atau polling, silahkan anda login terlebih dahulu. bila belum terdaftar silahkan register.